Untitled Document



Seorang pasien sudah berobat ke dokter beberapa kali dengan keluhan sakit pada ulu hati, setelah minum obat tidak berkurang juga rasa sakitnya.Kemudian disarankan utuk dilakukan pemeriksaan USG, ternyata penyebab sakitnya adalah adanya batu dan peradangan di kandung empedu. Ada juga pasien wanita dewasa muda dengan keluhan sakit pada perut kanan bawah, dicurigai karena radang pada usus buntu, ternyata setelah dilakukan pemeriksaan USG sakitnya disebabkan karena ada kista di indung telur sebelah kanan.  Dua cerita tersebut adalah ilustrasi peranan USG dalam menunjang penegakan diagnose suatu penyakit.

 

Apaitu USG ?

USG kepanjangan dari ultrasonography, adalah alat yang digunakan untuk memeriksa organ tubuh dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang hasilnya dalam bentuk citra atau gambar. Oleh karena menggunakan gelombang suara, pemeriksaan USG sangatlah aman, bisa diulang - ulang karena tidak menggunakan sinar radiasi.

 

Apa saja kegunaan USG ?

Masih banyak orang yang mengira USG hanya digunakan untuk pemeriksaan ibu hamil saja, pada prakteknya banyak sekali kegunaan USG.Mulai dari pemeriksaan organ-organ di dalam perut seperti hati, kandung empedu, limpa, ginjal, pankreas, kandungkemih, rahim, indung telur sampai mengukur volume prostat pada laki-laki.

Usg juga digunakan untuk memeriksa kelenjar gondok (Thyroid), memeriksa ada tidaknya kelainan pada payudara, ada tidaknya pembesaran kelenjar getah bening,memeriksa benjolan di bawah kulit , memeriksa kelainan pada scrotum , termasuk memeriksa pada bayi apakah buah zakarnya sudah turun atau masih berada di dalam perut.

Dalam perkembangannya USG saat ini digunakan juga untuk memeriksa jantung (echocardiography) dan juga pembuluh darah ( USG Doppler), untuk mengevaluasi apakah ada penebalan atau atau pengapuran dinding pembuluhdarah, untuk memprediksi resiko terjadi stroke dan penyakit jantung coronar. Selain menilai dinding juga untuk mengukur kecepatan aliran darah, melihat apakah ada penyempitan atau sumbatan pembuluh darah nadi (arteri) terutama pada pasien-pasien penyakit kencing manis dengan kaki yang nyeri dan menghitam. Pada pasien-pasien dengan kaki yang bengkak seperti pada pasien dengan keganasan, berbaring lama, penggunaankontrasepsi hormonal, gangguan pembekuan darah dilakukan USG untuk melihat apakah ada thrombus/ sumbatan akibat bekuan darah pada pembuluh darah balik( vena).

             Kelemahan USG adalah kurang baik untuk memeriksa organ yang berongga dan berisi udara seperti lambung dan usus.Pada orang dengan keluhan sakit pada lambung / maag pemeriksaan USG lebih kearah untuk melihat apakah penyebabnya berasal dari organ lain seperti kandung empedu, liver, pancreas atau bisa juga usus buntu karena gejala awal radang usus buntu dapat menyebabkan gejala seperti sakit maag.

            Kelebihan USG yang lain adalah dapat melihat batu pada ginjal dan kandung kemih, sementara tidak semua batu saluran kencing dapat terlihat pada foto rontgent. Kelemahannya adalah tidak bisa melihat apabila batunya berada di tengah ureter (saluran kemih antara ginjal dan kandung kemih) meskipun efek bendungannya pada ginjal bisa dilihat dengan USG.

 

Apa persiapan USG ?

Persiapan USG umumnya adalah puasa 4-6 jam dan tahan kencing. Puasa bertujuan untuk menilai kandung empedu, pada keadaan puasa cairan empedu akan disimpan di kandung empedu supaya pada saat diperiksa kandung empedu mengembang sehingga bisa menilai dengan baik dindingnya ,adanya tidaknya lumpur atau batu empedu.Untuk tahan kencing bertujuan untuk mengembangkan kandung kemih sehingga dapat menilai dengan baik dinding, ada tidaknya batu atau tumor dan juga menilai dengan baik rahim pada perempuan dan prostat pada laki-laki.

 

Apa perbedaan alat USG 2 Dimensi, 3 Dimensi atau 4 Dimensi ?

Kemampuan alat USG tidak sama tergantung spesifikasinya, tidak berbeda halnya dengan mobil. Perbedaan besar terletak pada soft ware dan probe USGnya. Alat dengan kemampuan 4D pasti bisa memeriksa 2D, tetapi tidak sebaliknya.Untuk mudahnya Dua Dimensi adalah seperti kita melihat gambar pada kertas yang hanya bisa melihat ukuran panjang dan lebar.Tiga Dimensi adalah seperti kita melihat gambar diam bayi dalam kertas.Sedangkan Empat Dimensi adalah ketika kita bisa melihat gambar bayi yang bisa bergerak pada video.Karena kelebihan 4 Dimensi adalah real time dan bergerak.Meskipun mempunyai kemampuan 4D, yang digunakan untuk menunjang diagosis adalah gambar 2 Dimensinya sepertikita menerima hasil USG selama ini.

 

Oleh : dr.Nurdopo Baskoro,Sp.Rad(dokter radiologi RSU Kumala Siwi Kudus)


04 Agustus 2016, by avif

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu 59316 Kudus
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg :(0291) 424 555 1/ 424 555 4/ 410 123 3
  • Amb/IGD :(0291) 424 555 2
  • Fax:(0291) 424 554 8
  • Pages : RSU Kumala Siwi Kudus

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan