Untitled Document



Oleh: dr. Lia Angelin Adriana, Sp.S

Masyarakat  mungkin sudah sangat familiar dengan penyakit yang disebut dengan stroke. Berdasarkan data dari Riskesdas 2007 dan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2020-2011,stroke merupakan penyebab kematian nomor tiga dan kecacatan nomor satu di Indonesia. Angka kejadian stroke juga semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Secara praktis stroke didefinisikan sebagai gangguan fungsi otak, baik fokal maupun global,berlangsung lebih dari 24 jam atau menyebabkan kematian,tidak lain disebabkan akibat gangguan pembuluh darah.Berdasarkan jenisnya, stroke dibedakan menjadi dua, yaitu stroke infark / stroke non hemorrhagic (terdapat sumbatan pada pembuluh darah) dan stroke hemorrhagic (terdapat pembuluh darah yang pecah). Angka kejadian stroke infark jauh lebih besar, yaitu sekitar 85% dari seluruh kejadian stroke.

Gejala yang muncul akibat stroke bisa bermacam-macam, tergantung dari bagian otak mana yang mengalami gangguan pembuluh darah. Gejala yang paling sering ditemui adalah kelemahan separuh tubuh, bicara pelo, atau mulut yang terlihat tidak simetris. Namun gejala stroke ternyata jauh lebih bervariasi dari pada itu.

Gangguan menelan yang terjadi tiba-tiba dapat juga merupakan salah satu gejala stroke. Proses menelan dapat terjadi secara normal karena kerja yang simultan dan sinergis dari otot-otot yang membentuk langit-langit mulut, kerongkongan dan otot-otot lidah. Otot-otot langit-langit mulut dan kerongkongan dipersarafi oleh saraf otak (nervuscranialis) ke-IX (N. glossopharyngeus) dan ke-X (N. vagus) yang intiselnya terletak di batang otak. Gangguan pasokan darah di batang otak akan mengakibatkan area tersebut menjadi kekurangan nutrisi dan oksigen, sehingga terjadi kematian sel-sel saraf. Apabila saraf otak ke ke-IX dan ke-X ini mengalami gangguan, maka secara otomatis otot-otot menelan akan kehilangan kontrol, akibatnya otot-otot menelan menjadi lemah, tidak dapat berkontraksi dengan baik, dan timbul lah gangguan menelan.

Gangguan menelan yang terjadi bisa mulai dari yang ringan hingga yang berat. Gejala gangguan menelan ringan misalnya pasien tersedak bila minum air putih dalam jumlah tertentu, namun masih dapat makan dengan normal. Pada gangguan menelan yang berat tidak didapatkan kontraksi otot menelan sama sekali, sehingga baik makan makanan padat, setengah padat, cair, bahkan mencoba menelan ludah dapat menyebabkan pasien tersedak. Pasien dengan gangguan menelan harus  dibantu dengan selang makan (nasogastric tube) untuk sementara waktu sampai fungsi menelannya kembali pulih.

Apabila gejala ini tidak dikenali dengan baik oleh pasien dan keluarganya, yang dikhawatirkan adalah terjadinya aspirasi (cairan dan makanan masuk ke saluran nafas) sehingga menyebabkan sumbatan jalan nafas dan tidak jarang berakhir dengan kematian hanya dalam hitungan menit.

Gangguan menelan merupakan salah satu tanda bahwa stroke terjadi di batang otak. Batang otak memegang peranan vital dalam kehidupan karena merupakan pusat kesadaran, pusat pernafasan, pusat kendali jantung dan organ vital lainnya. Dengan demikian, stroke pada batang otak harus mendapat perhatian lebih mengingat begitu rapuh dan vitalnya area ini.Semakin lama tidak tertangani, maka area yang mengalami gangguan akan semakin luas, sehingga gejala dan tanda akan semakin berat. Waktu emas untuk tata laksana stroke secara optimal ialah kurang dari 3 jam sejak gejala stroke pertama kali muncul.

Bila anda dapatkan gejala gangguan menelan yang tiba-tiba, jangan paksakan untuk member makanan atau minuman. Segera bawake RS terdekat untuk mendapatkan penanganan. Penanganan stroke sedini mungkin, pemeliharaan jalan nafas, evaluasi menelan, pengendalian faktor risiko dan pencegahan komplikasi dari stroke sangat menentukan keberhasilan dari tata laksana stroke.

Deteksi dini dengan mengenali gejala-gejala stroke sangat membantu untuk mengurangi kematian dan kecacatan akibat stroke. Mari kita bersama-sama melakukan gerakan waspada stroke! Jadwal praktek dr. Lia Angelin Adriana, Sp.S : Senin - Sabtu, Pukul 08.00 - 15.00 wib).
27 Agustus 2016, by admin

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan