Untitled Document



dr. Raras Suksmaprasasta, Sp. M

Glaukoma adalah jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung dan secara bertahap akan menyebabkan penglihatan pandangan yang semakin berkurang sehingga akhirnya mata menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang berada di dalam bola mata terhambat, yang kemudian menyebabkan saraf mata menjadi layu karena tidak mendapat cukup nutrisi dari aliran darah, atau hambatan tersebut menyebabkan tekanan bola mata meningkat, sehingga saraf mata tertekan dalam waktu yang lama sehingga menjadi rusak.

Gejala yang dapat timbul antara lain yaitu melihat pelangi di sekitar lampu, disertai rasa nyeri di mata sampai menimbulkan sakit kepala hebat, mual dan muntah. Seringkali glaukoma terjadi tanpa gejala (tidak ada rasa sakit), karena tekanan bola mata meningkat perlahan dalam waktu lama, sehingga menyebabkan kerusakan saraf mata. Pada glukoma jenis ini, pasien mengeluhkan sering menabrak benda yang ada di sekitarkan saat berjalan, dan lapang pandangan menjadi sempit.

Penyebab paling sering pada glaukoma adalah meningkatnya tekanan bola mata di atas normal, sedangkan penyebab lainnya adalah hipertensi dan diabetes mellitus.

Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya glaukoma adalah :

  1. Riwayat glaukoma di dalam keluarga, saudara sekandung lebih beresiko dibandingkan orang tua dan anaknya
  2. Tekanan bola mata tinggi
  3. Riwayat memakai kacamata minus tinggi
  4. Riwayat penyakit gula darah tinggi
  5. Tekanan darah tinggi
  6. Migrain atau penyempitan pembuluh darah otak (sirkulasi buruk)
  7. Kecelakaan/operasi pada mata sebelumnya
  8. Menggunakan obat-obatan steroid dalam jangka waktu lama
  9. Usia lebih dari 45 tahun

Glaukoma bisa menyerang siapa saja. Deteksi dan penanganan dini adalah jalan satu-satunya untuk menghindari kerusakan penglihatan serius akibat glaukoma. Sehingga diperlukan pemeriksaan secara berkala terutama pada orang-orang yang memiliki faktor risiko. (Praktek dr. Raras Suksmaprasasta, Sp. M : Senin, Rabu, Kamis Pukul. 08.00 - 12.00 WIB).


20 September 2016, by admin

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan