Untitled Document



Kencing adalah mengeluarkan isi kandung kencing ke dunia luar melewati saluran kencing (Uretra) setelah ada rancangan ingin kencing. Gangguan pengeluaran kandung kencing ini bisa mengenai semua usia (Balita, Dewasa, dan Orang tua). Gangguan atau kesulitan mengeluarkan isi kandung kencing ini bisa ditandai dengan gangguan atau gejala menetes dari awal kencing sampai akhir kencing tidak pernah merasa lega setelah kencing bahkan bisa disertai dengan rasa sakit. Pada balita biasanya disertai dengan gejala rewel, menurunnya nafsu makan dan tidak jarang terjadi infeksi. Misalkan adanya panas badan disertai batuk pilek yang hilang timbul meskipun sudah mendapatkan pengobatan. Biasanya adanya gangguan kencing ini tidak terpikirkan.

Penyebab yang paling sering pada balita adalah PHYMOSIS dan PARAPHYMOSIS. Pymosis adalah keadaan dimana PREPUTIUM (kulup) tertutup rapat karena terjadi perlengketan akibat infeksi berulang, sehingga balita merasa kesakitan pada waktu akan keluar kencing, selama kencing, dan selalu terdapat sisa kencing. Ini yang mengakibatkan terjadinya infeksi yang berulang.

PARAPHYMOSIS diakibatkan PREPUTIUM (kulup) tertarik kebelakang dan tidak dapat kembali keposisi semula sehingga alat vital menjadi bengkak akibat jeratan. Hal ini dimungkinkan pada anak balita yang sering memegang dan menarik - narik alat vitalnya kebelakang pada waktu akan tidur, sehingga esok paginya didapatkan ujung alat kelaminnya membengkak.

Apabila ada indikasi seperti diatas segeralah memeriksakan kerumah sakit. Tindakan pengobatan yang dipilih adalah melakukan tindakan SIRCUMSISI (sunat).


10 Oktober 2016, by admin

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan