Untitled Document



dr. Raras Suksmaprasasta, Sp. M

Katarak adalah setiap keadaan kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat penambahan cairan pada lensa, perubahan struktur protein lensa atau terjadi akibat kedua-duanya.

Katarak adalah penyakit penuaan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal yang berpengaruh antara lain adalah umur dan jenis kelamin, sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh adalah pekerjaan dan pendidikan yang berdampak langsung pada status sosial ekonomi dan status kesehatan seseorang (misalanya :asupan gizi yang kurang, riwayat Diabetes Mellitus), kebiasaan merokok, serta faktor lingkungan, yang dalam hubungannya dalam paparan sinar Ultraviolet yang berasal dari sinar matahari dan juga polusi.

Dikenal beberapa jenis katarak, yaitu :

  1. Katarak kongenital, yaitu katarak yang terjadi segera setelah bayi lahir dan bayi berusia kurang dari 1 tahun
  2. Katarak Juvenile, yaitu katarak yang terjadi pada usia muda, yang mulai terbentuknya pada usia kurang dari 9 tahun dan lebih dari 3 bulan, yang biasanya merupakan kelanjutan dari katarak kongenital
  3. Katarak senilis adalah setiap kekeruhan pada lensa yang terjadi pada usia lanjut, yaitu di atas usia 50 tahun
  4. Katarak komplikata, merupakan katarak yang terjadi akibat penyakit mata lain pada mata
  5. Katarak diabetika, merupakan katarak yang terjadi akibat adanya penyakit diabetes
  6. Katarak traumatika, merupakan matarak yang terjadi akibat adanya trauma atau ruda paksa pada mata

Tatalaksana pada katarak adalah operasi katarak. Tujuan dilakukan operasi katarak adalah perbaikan tajam penglihatan sehingga meningkatkan kualitas hidup pasien.

Indikasi utama operasi katarak paling umum adalah keinginan pasien sendiri untuk memperbaiki fungsi penglihatannya, dengan memperhatikan tajam penglihatan dan kondisi pasien. Sedangkan untuk indikasi medis untuk operasi katarak adalah kondisi katarak yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain pada mata.

Penanganan secara tepat dan tepat, lebih baik dilakukan sebelum terlambat. Katarak adalah salah satu kebutaan yang dapat dicegah, akan tetapi, pada kondisi lanjut, dapat menyebabkan kerusakan saraf, apabila penanganannya terlambat. Oleh karena itu, diperlukan adanya kesadaran untuk lebih mawas diri terhadap gangguan penglihatan sekecil apapun.

27 April 2017, by admin

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan