Untitled Document



Hampir semua orang pernah mengalami gangguan tubuh berupa nyeri pada punggung.  Semakin tinggi umur seseorang  maka semakin besar dan semakin sering kemungkinan terkena gangguan nyeri punggung.  Secara anatomis yang dimaksud dengan punggung adalah bagian belakang tubuh manusia mulai dari setentang pundak dan leher bawah sampai lipat bokong kanan dan kiri.

Nyeri punggung ringan dapat ditanggulangi dengan mengambil posisi istirahat duduk sandaran atau berbaring tiduran.  Nyeri ringan ini biasanya terjadi bila terlalu lama bekerja dengan satu posisi, duduk atau berdiri.  Sikap tegang, terburu-buru, berpikir penat, dan stress juga dapat menyebabkan nyeri punggung.  Nyeri punggung ringan akan berkurang setelah berbaring dengan sikap rileks.

Untuk kasus nyeri punggung sedang atau berat biasanya pasien akan mengeluh terjadi gangguan dan halangan beraktifitas atau melakukan sesuatu  pekerjaan.  Gangguan atau halangan bekerja tentu harus dihindari dan ditanggulangi secepatnya supaya tidak menimbulkan kesulitan dan kerugian yang lebih besar.

Nyeri punggung dapat disebabkan oleh berbagai  macam hal, seperti nyeri punggung karena kelelahan otot berupa ketegangan yang berkepanjangan, karena terbentur atau trauma jatuh dan kecelakaan, terdapat tumor yang menekan di sekitar punggung, kelemahan atau kelainan saraf termasuk kejepit, kelainan tulang seperti patah atau bengkok, pengapuran/ pengerasan/penyempitan, bahkan dapat juga karena kelainan atau gangguan kejiwaan.

Hal pertama dan paling mudah dilakukan adalah mengambil posisi paling nyaman supaya nyeri punggung tidak terasa atau berkurang.  Bila sudah mendapatkan posisi tersebut, lakukan 10 – 15 menit sambil mengambil nafas teratur yakni nafas lebih panjang dan dalam. Bila merasa membutuhkan pertolongan lebih lanjut maka panggil atau hubungilah seseorang yang terdekat untuk bisa datang menolong seperti membawa ke pusat layanan kesehatan. 

Apabila anda merasa tidak perlu pertolongan orang lain, maka anda dapat melanjutkan mengambil posisi tegak anatomis sambil perlahan dan ritmis melakukan senam peregangan pada lengan, bahu, leher, punggung, dan tungkai sampai kaki.  Lakukan gerakan gerakan yang mengikuti garis potong bidang setiap sendi.

Untuk meringankan rasa sakit akibat nyeri punggung, lakukan hal berikut :

  • Ambil sikap posisi duduk di kursi yang kuat dan berlengan bersandaran atau di atas matras
  • Lakukan gerakan peregangan perlahan dengan hitungan 2 kali 8 mulai dari leher, bahu, lengan, punggung, tungkai, dan kaki.

Arah gerakan adalah menurut garis potong bidang sendinya.  Misal leher ke kiri dan ke kanan, ke depan dan ke belakang, putar kanan dan putar kiri.  Misal lengan ke depan dan belakang, ke samping luar dan dalam, putar atas dan bawah.  Misal tungkai adalah ke depan dan ke belakang, ke samping luar dan dalam.  Misal punggung adalah membungkuk dan melengkung, putar kanan dan kiri.

Lakukan gerakan dan latihan peregangan sederhana pada bagian-bagian tubuh tersebut di atas secara teratur dan terencana, 2 kali sehari pagi dan sore (durasi 10 – 15 menit), dan 3 kali dalam seminggu (setiap 2 hari). Apabila nyeri punggung sedemikian hebat serangannya, maka solusi terbaik adalah dengan berkonsultasi kepada dokter dan mengikuti setiap prosedur penanganan yang telah tersedia.

Modalitas Rehabilitasi Medik seperti fisioterapi hangat, listrik dan traksi dapat diprogramkan oleh dokter rehabilitasi medik anda, termasuk latihan aktifitas dan edukasi pemakaian alat bantu.  Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri yang diberikan sesuai petunjuk dokter.  Biasa dianjurkan hanya saat nyeri yang cukup mengganggu.


23 Agustus 2018, by admin

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu 59316 Kudus
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg :(0291) 424 555 1/ 424 555 4/ 410 123 3
  • Amb/IGD :(0291) 424 555 2
  • Fax:(0291) 424 554 8
  • Pages : RSU Kumala Siwi Kudus

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan