Untitled Document



Rinosinusitis atau yang umumnya sering dikenal dengan istilah sinusitis adalah inflamasi atau peradangan yang mengenai sinus atau rongga-rongga yang ada pada daerah wajah dan sekitar kepala. Rinosinusitis dapat terjadi pada dewasa maupun anak anak.

Rongga pada daerah wajah kepala dan ini sebenarnya ada 4 macam yaitu sinus maksilaris yang letaknya di daerah pipi kanan dan kiri, sinus ethmoidalis yang terletak pada pangkal hidung, sinus frontalis pada daerah dahi dan sinus sphenoid yang terletak dibagian belakang atas hidung. Letak sinus ini juga dapat merefleksikan nyeri pada daerah atau sinus yang terkena seperti bila nyeri pada daerah pipi kemungkinan yang terkena adalah sinus maksilaris, jika nyeri pada pangkal hidung maka daerah sinus ethmoidalis, pada dahi untuk sinus frontalis dan bila nyeri pada daerah ubun-ubun kepala merupakan tanda dari sinus sphenoidalis.  

Gejala rinosinusitis ditandai dengan hidung buntu atau tersumbat, pilek atau adanya lendir yang keluar pada hidung atau bahkan kadang lendir ini dapat terasa sampai ke bagian tenggorok, nyeri pada daerah wajah dan gangguan penghidu atau berkurangnya penciuman. Rinosinusitis pada anak selain gejala tersebut pada anak biasanya disertai dengan gejala batuk. Berdasarkan periodenya rinosinusitis ini dikatakan akut bila berlangsung selama < 12 minggu dan kronik bila berlangsung selama > 12. Demam dapat dijumpai pada gejala rinosinusitis akut.

Rinosinusitis disebabkan oleh faktor host dan lingkungan. Faktor host adalah segala sesuatu yang terdapat atau terjadi pada orang atau penderita itu sendiri seperti kelainan bentuk hidung seperti sekat hidung yang bengkok, kelainan pada tulang konka, pembesaran adenoid, infeksi saluran pernafasan atas rinitis alergi dan asma serta adanya bakteri. Bakteri yang terbanyak menyebabkan rinosinusitis adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemophillus influenzae. Faktor lingkungan antara lain asap rokok polutan atau iritan yang mempengaruhi saluran pernafasan hidung dan rongga sinus.

Rinosinusitis dapat pula disebabkan oleh infeksi pada gigi yang disebut dengan rinosinusitis odontogen. Kelainan atau infeksi yang sering menyebabkan sinusitis adalah infeksi pada gigi geraham atas hal ini karena akar gigi geraham atas dekat dengan sinus maksilaris. Kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga guna mencegah sinusitis maksilaris ini. Pasien yang menderita sinusitis jenis odontogen ini harus di hilangkan sumber infeksi yang berasal dari gigi.

Gejala khas pada rinosinusitis odontogen ini adalah keluhan yang bersifat unilateral atau satu sisi yang terkena berupa hidung tersumbat, lendir pada hidung, nyeri pada pipi, dan adanya riwayat sakit gigi. Tanda yang didapatkan dapat berupa pembengkakan pada daerah pipi.

Menjaga kesehatan hidung, dan sinus serta kesehatan gigi penting untuk mencegah sinusitis ini. Apabila anda merasakan gejala dan tanda sinusitis segeralah konsultasi dengan dokter, hal ini dikarenakan penyakit rinosinusitis ini dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya diantaranya adalah komplikasi ke daerah orbita atau mata, ke intrakranial atau otak serta komplikasi ke tulang. Komplikasi ke mata yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada mata, penurunan penglihatan sampai kebutaan. Faktor yang diduga sebagai penyebab terjadinya komplikasi antara lain, pengobatan yang tidak adekuat, daya tahan tubuh yang rendah atau adanya immunocompromised, virulensi kuman, penyakit lain yang memperberat seperti diabetes melitus, penanganan tindakan operatif yang terlambat.

Rinosinusitis dapat di diagnosis dari pemeriksaan rutin THT dan bila diperlukan pemeriksaan penunjang seperti nasoendoskopi dan CT Scan, serta skin prick test untuk mengetahui adanya alergi yang dapat menjadi salah satu faktor predisposisi rinosinusitis.

Pengobatan rinosinusitis dapat dengan medikamentosa dan bila dengan medikamentosa tidak membaik dapat dilakukan tindakan pembedahan.

18 Oktober 2018, by admin

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu 59316 Kudus
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg :(0291) 424 555 1/ 424 555 4/ 410 123 3
  • Amb/IGD :(0291) 424 555 2
  • Fax:(0291) 424 554 8
  • Pages : RSU Kumala Siwi Kudus

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan