Untitled Document

Pola hidup masayarakat Kudus saat ini membuat mereka lebih rentan terserang penyakit. Dikarenakan sebagian besar penduduk di kota ini merupakan masyarakat pekerja baik kantor maupun pabrik.

Dr Satya Gunawan mengatakan terkadang dikarenakan kesibukan, mereka tidak peduli dengan apa yang dirasakan tubuhnya, salah satunya nyeri. Nyeri merupakan tanda dan gejala klinik gangguan saraf yang menunjukkan adanya kelainan dalam tubuh kita. Banyak penyakit yang melatarbelakangi keluhan nyeri seseorang. ”Nyeri merupakan sensasi yang diberikan tubuh atas respon yang diterimanya merupakan hal yang sehari-hari kita alami. Secara teori, nyeri dapat diklasifikasikan berdasarkan tipe, waktu dan intensitasnya,” kata dokter spesialis syaraf RS Kumala Siwi Kudus.

Dari berbagai macam nyeri ada beberapa jenis nyeri yang perlu diwaspadai, yakni Emergency Pain. Nyeri tipe ini kadang memerlukan penanganan segera di Unit Gawat Darurat.  Contoh nyeri yang termasuk emergency pain nyeri kepala yang berat dan tiba-tiba dapat mengindikasikan pecahnya pembuluh darah otak.  Nyeri di dada yang menjalar ke tangan, tenggorokan, tembus ke punggung bisa jadi sebuah serangan jantung yang memerlukan penanganan dalam hitungan menit.

Nyeri di punggung bisa saja menjadi suatu pertanda adanya kelainan pada pembuluh darah arteri besar, yaitu aorta. Nyeri di perut yg akut dan berat dapat berasal dari peradangan usus buntu, peradangan kandung empedu, peradangan pada pankreas dan luka pada lambung yang dapat menimbulkan perdarahan.

Trombosis Vena (sumbatan darah kental dalam pembuluh darah) dapat menyebabkan keluhan nyeri hebat di daerah paha dan dapat menjadi berbahaya bila sumbatannya lepas dan menyumbat pembuluh darah penting. Rasa terbakar di kaki juga  dapat menjadi suatu pertanda dari penyakit kencing manis.

Karenanya RSU Kumala Siwi Kudus mengembangkan klinik nyeri yang bertujuan dapat mengurangi keluhan sampai menyembuhkan sumber nyeri, meminimalkan efek samping atau komplikasi akibat penggunaan obat jangka panjang dan beraktifitas kembali dengan baik.

Terapi yang diberikan di Klinik Nyeri RSU Kumala Siwi Kudus Tanpa Obat (Non Farmakologis) Dengan pemberian tindakan Fisioterapy sesuai dengan keluhan pasien. Terapi berikutnya dengan Obat Dengan pemberian injeksi langsung pada pusat nyeri dengan panduan USG. Cara inilah yang terbukti ampuh dan cepat dalam mengatasi rasa nyeri yang menyerang tubuh. Maka dibuatlah klinik nyeri dengan pelayanan yang terintegrasi untuk menunjang kepuasan pasien dengan treatmen yang komprehensif.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi Pendaftaran dan Informasi RSU Kumala Siwi Kudus Jalan Jepara KM. 6 Ds. Mijen Kec. Kaliwungu – Kudus, Telepon (0291) 424- 5551 / 424 – 5554.

22 Juni 2015, by eko

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan