Untitled Document

Dok, kalau puasa romadhon nanti Bapak boleh puasa meskipun HD rutin? – Ny. Masrikan –

Marhaban Ya Romadhon.

Terima kasih, Ibu Masrikan. Pertama, izinkan saya beserta Tim Unit Renal Hemodialisis RSU Kumala Siwi Mijen Kudus menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa. Apapun yang kita lakukan TUNTAS, terpenuhi amar ma’ruf nan berkualitas. Semoga kita termasuk kalangan orang yang beruntung di bulan penuh rahmat dan berkah ini. Aamiin.

Selanjutnya akan kita bahas satu per satu, sebenarnya boleh nggak sih puasa sambil HD? Baik, puasa adalah wajib bagi kaum muslim di bulan Romadhon sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Termasuk melawan hawa nafsu dan hal-hal yang membatalkan puasa. Nah, ketika seorang muslim merasa keberatan menjalankan puasa misal, sakit atau safar (dalam keadaan bepergian) maka berbuka puasalah dan ia tetap harus mengganti di lain hari di luar bulan Romadhon. Sebagaimana firman Alloh dalam QS. Al-Baqoroh: 185, “Siapa yang sakit atau melakukan safar (kemudian dia tidak berpuasa) maka dia mengganti di hari-hari yang lain. Alloh menginginkan kemudahan untuk kalian, dan tidak menghendaki kesulitan”.

Pasien rutin HD, yang notabene adalah pasien penyakit ginjal kronis stadium akhir dengan terapi pengganti ginjal menggunakan alat khusus dengan tujuan mengeluarkan toksin/ racun dan mengatur cairan akibat penurunan laju filtrasi glomerulus dengan mangambil alih fungsi ginjal yang menurun menggunakan membrane dialiser dengan teknik dialysis atau filtrasi.

Setiap penyakit pasti ada obatnya, begitu jelas janji Alloh. Bilamana perjalanan pasien penyakit ginjal kronis itu memberatkan, karena tidak akan bisa mengembalikan fungsi ginjal membaik seperti semula, kecuali dibantu dengan terapi pengganti ginjal hemodialisis, CAPD atau transplantasi ginjal maka ia diharuskan membayar fidyah selama puasa Romadhon yang ditinggalkan kepada fakir miskin.

Meskipun ada beberapa pendapat ulama yang sanksi karena khawatir obat-obatan yang diberikan selama cuci darah sifatnya menambah nutrisi pasien, maka termasuk dalam hal-hal yang membatalkan puasa. Sedangkan obat yang pasti diberikan saat pasien menjalankan HD adalah injeksi heparin yang disesuaikan berat badan, tujuannya mencegah clotting/ pembekuan darah selama darah berada di luar tubuh, di sirkuit ekstrakorporeal.

Pada dasarnya Alloh tidak ingin menjadikan kesukaran bagi hambaNya untuk menjalankan ibadah dalam QS Al-Hajj: 78, “Dan tidak menjadikan kesukaran untukmu dalam agama”. Demikian yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Salam Sehat ! – dr. Ayu Rizqi Nurul Iriani –


08 Juni 2016, by eni

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan