Untitled Document

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya kesehatan oleh bangsa Indonesia untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal. Agar dapat mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal maka dikembangkan upaya kesehatan untuk seluruh masyarakat yang mencakup upaya peningkatan (promotif), pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitatif) yang bersifat menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.

Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang menyerang kurang lebih 12 juta orang. Tujuh juta dari 12 juta penderita diabetes tersebut sudah terdiagnosis; sisanya tidak terdiagnosis. Di Amerika serikat, kurang lebih 650.000 kasus diabetes baru didiagnosis setiap tahunnya (Brunner & Suddarth, 2000 Hal. 1220)

Diabetes terutama prevalen diantara kaum lanjut usia. Diantara individu yang berusia lebih dari 65 tahun, 8,6 % menderita diabetes tipe II. Angka ini mencakup 15 % populasi pada panti lansia. Di Amerika Serikat, orang Hispanik, Negro dan sebagian penduduk asli Amerika memiliki angka insidens diabetes yang lebih tinggi dari pada penduduk kulit putih. Sebagian penduduk asli Amerika, seperti suku Pima, mempunyai angka diabetes dewasa sebesar 20 % hingga 50 %.

Diabetes Mellitus menimbulkan gangguan multi sistem dan merupakan suatu penyakit yang banyak ditemukan di masyarakat. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah klien dengan Diabetes Mellitus yang datang ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Menurut catatan medik  RS. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Dari 3240 penderita penyakit dalam , jumlah penderita Diabetes Mellitus yang dirawat pada bulan Januari sampai Desember 2002 sebanyak 264 orang (8,1%) dengan Diabetes Mellitus tipe I (IDDM) sebanyak 9 orang (3, 40 %).

Oleh karena itu pada hari Jum’at tanggal 09 september 2016 di balai desa Purwogondo, kecamatan Kalinyamatan kabupaten jepara. RSU Kumala Siwi Mijen Kudus,mengadakan penyuluhan tentang kesehatan penyakit dalam berupa diabetus mellitus  oleh dokter Solomon putera,Sp.PD.

Acara dihadiri oleh lebih dari 70 peserta, dan dengan antusiasme yang tinggi masyarakat purwogondo yang tinggi, hampir seluruh peserta mengemukakan pendapat dan masukannya terkait materi yang disampaikan dokter Solomon , serta pesan dan kesannya terkait RSU kumala Siwi mijen Kudus. Diselingi dengan games dan pemberian hadiah untuk menambah keseruan. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari RSU Kumala Siwi Mijen Kudus kepada balai desa Purwogondo yang diwakili ibu Kades.


19 September 2016, by eni

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan