Untitled Document

Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan kesehatan, yang dilakukan dengan menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan mampu melakukan anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan. Menjaga pola hidup sehat sangat penting karena gaya hidup yang tidak sehat menjadi sumber penyakit. Tujuan pembangunan kesehatan seperti tercantum didalam sistem kesehatan nasional adalah tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal serta dapat hidup secara produktif, tujuan ini merupakan salah satu tujuan pembangunan nasional dalam mencapai kesehatan umum.

RSU Kumala siwi berkomitmen memberikan edukasi kesehatan secara menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal tersebut tercermin dalam visi dan misi rumah sakit. Visi rumah sakit adalah menjadi rumah sakit yang unggul, manusiawi dan terpilih.

Misi rumah sakit adalah :

  1. memberikan pelayanan prima
  2. meningkatkan sarana dan prasarana canggih
  3. meningkatkan profesionalisme staf medis dan non medis
  4. melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang layanan kesehatan
  5. menyelenggarakan penyuluhan bagi setiap pasien, keluarga pasien dan masyarakat

Dalam misi point ke 5 tersebut, rumah sakit kumala siwi melaksanakan bukti nyata dengan menyelenggarakan kegiatan edukasi kesehatan kepada masyarakat, sehingga menambah wawasan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta dapat melakukan tindakan preventif terhadap penyakit.

Pada kesempatan kali ini RSU Kumala Siwi mengadakan kegiatan penyuluhan RSU Kumala Siwi Mijen Kudus pada tanggal 30 Maret 2017 bertema ”Kesehatan Mata”, narasumbernya adalah dr. Raras Suksmaprasasta, Sp.M. Kegiatan ini mengundang para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dengan jumlah peserta yang datang yaitu 38 peserta, dan bertempat di Aula Anagata RSU Kumala Siwi Mijen Kudus.

 

Berikut ini adalah paparan materi dari dr, Raras Suksmaprasasta, Sp. M tentang Katarak.

KATARAK

Katarak adalah kekeruhan lensa mata karena penambahan cairan lensa atau  pemecahan protein lensa, yang paling sering disebabkan karena proses penuaan, sehingga terjadi penurunan penglihatan

Yang bisa terkena Katarak :

—  Bayi baru lahir

—  Anak-anak

—  Dewasa

—  Usia lanjut (paling sering)

Penyebab Katarak :

—  Infeksi saat kehamilan ibu

—  Penyakit sistemik (Diabetes Mellitus)

—  Trauma

—  Pemakaian obat-obatan

—  Penyakit mata sebelumnya yang terjadi berulang ulang

—  Proses penuaan

Gejala Katarak :

  1. Penglihatan silau
  2. Penglihatan kabur secara perlahan
  3. Terlihat lensa mata berwarna putih

Penanganan katarak harus melalui operasi. Yaitu diambil lensa mata yang keruh dan digantikan lensa buatan.

Kapan harus dilakukan operasi ?

—  Apabila penglihatan sudah turun, sampai mengganggu kualitas hidup pasien, dan tidak dapat dibantu dengan pemberian kacamata

—  Katarak sudah terlalu matangàsegera!!

Tak hanya pemaparan materi tentang Katarak oleh dokter Mata, akan tetapi untuk menjaga Kesehatan Mata perlu adanya asupan gizi yang baik, sehingga dalam kesempatan tersebut peserta dapat berkonsultasi secara langsung dengan ahli gizi RSU Kumala Siwi Mijen Kudus yakni Yunita Budiarti, S. Gz.

Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta terlihat antusias dan aktif bertanya usai pemaparan materi oleh nara sumber. Acara berlangsung meriah dan di selingi edukasi handwash dan ada pembagian doorprice di akhir acara.


22 April 2017, by admin

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan