Service

Service

POLIKLINIK THT

Penyakit THT Dan Jenis-Jenisnya

Penyakit THT ada beberapa jenis, yang perlu untuk Anda ketahui. Jadi mungkin beberapa ada yang tidak umum yang terdengar di telinga Anda, namun ini semua ada. Berbeda jenis penyakit THT maka berbeda pula penyebabnya, dan tentu cara menyembuhkan yang harus dilakukan pun juga tentu ikut berbeda. Kami sebelumnya juga sudah membahas pada artikel tentang macam-macam penyakit pada telinga, namun mungkin di sini kami akan menambahkan beberapa yang sekiranya belum tertera pada informasi tersebut, sehingga bisa menambah wawasan Anda. Anda pun bisa ikut berjaga-jaga apabila ada sanak saudara atau teman yang terkena beberapa jenis penyakit ini. Mari baca selengkapnya.


Contoh penyakit THT

Sinusitis

Sinusitis merupakan sebuah kondisi peradangan yang terjadi di sinus. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi virus maupun alergi, infeksi jamur dan bakteri juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Sinusitis dapat terjadi ke salah satu dari 4 sinus yang dimiliki manusia, adapun keempat sinus tersebut yakni etmoidalis, maksilaris, sfenoidalis, dan frontalis. Penyakit THT sinusitis ini dapat bersifat akut, dengan ciri berlangsung dalam 3 minggu, bisa juga kurang. Juga dapat bersifat kronis, dengan ciri berlangsung dalam 3 hingga 8 minggu lamanya, namun bisa juga berlanjut terus sampai dengan berbulan-bulan, tak hanya itu bahkan ada yang hingga bertahun-tahun lamanya.

Jagalah kesehatan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan Anda. Karena jika sudah sakit, akan membuat Anda merasa menderita.

Tips untuk Anda, selalu cukup minum dan juga cukup istirahat, jangan terlalu kelelahan, agar tak mudah sakit.


Contact Ulcers

Yang kedua adalah Contact Ulcers, Contact Ulsers ini merupakan koreng atau luka yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri di selaput lendir pembungkus kartilago atau tulang rawan yang menjadi tempat di mana pita suara melekat. Cara pengobatan Contact Ulcers yakni penderita diwajibkan untuk istirahat berbicara, berbicara seperlunya saja, untuk waktu minimal 6 minggu lamanya. Supaya penyakit ini tak kambuh lagi, penderita wajib mengetahui berapakah batas suaranya, serta belajar untuk menyesuaikan suara yang tercipta. Terapi suara juga merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Apabila hasil rontgen memperlihatkan terdapat refluks asam lambung, maka perlu diberikan antasid maupun obat untuk anti-ulkus, contohnya penghambat histamin. Selain itu penderita juga wajib tidur posisi kepala yang lebih tinggi.


Faringitis

Faringitis nama istilah awamnya Anda kenal dengan radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan suatu peradangan yang terjadi di faring (Tenggorokan). Cara pengobatan untuk penyakit THT yang satu ini yaitu dengan obat analgetik untuk pereda nyeri yang terjadi di tenggorokan penderita, ada juga obat hisap maupun obat kumur menggunakan larutan garam hangat atau obat kumur yang dibeli di apotik. Obat aspirin tak boleh diberikan untuk anak-anak juga remaja, yang usianya masih di bawah 18 th, itu karena dapat mengakibatkan sindroma Reye.


Kanker leher Metastatik

Penyakit THT kanker leher Metastatik dapat dibilang merupakan penyakit yang cukup serius. Ini merupakan kondisi terjadinya kanker leher pada seseorang karena penyebaran dari kanker pada bagian tubuh yang lain, jadi sumber utama kanker bukan pada tenggorokan. Cara pengobatan apabila sel kanker ada pada bagian dalam kelenjar getah bening, termasuk jika sel kanker tak bisa ditemukan, perlu dilakukan prosedur terapi penyinaran pada tonsil, faring, kedua sisi leher dan dasar lidah penderita penyakit kanker leher Metastatik ini. Juga akan dilakukan pengangkatan kelenjar getah bening serta jaringan lain di daerah tersebut yang sudah terjangkit sel kanker, dengan tujuan agar sel kanker tak makin menyebar karena bisa berbahaya. Sekian artikel tentang penyakit THT, semoga lekas sehat.

 

Our Service

Pelayanan dan Penunjang Medis

About Us

Website ini sebagai Sarana Promosi RSU Kumala Siwi Kudus dalam melakukan Pelayanan kepada Masyarakat. Percayakan kesehatan keluarga Anda pada Kami.

ADDRESS

  • Address: Jl. Jepara KM. 6 Ds Mijen Kaliwungu Kudus 59316
  • Email: rsuks.info@gmail.com
  • Website: www.rsukumalasiwi.com
  • Reg : (0291) 424-5551/5554
  • Amb/IGD : (0291) 424-5552
  • Fax: (0291) 424-5548

Jam Besuk

PAGI :
Jam 11.00 - 14.00 : R. Perawatan

MALAM :
Jam 17.00 - 19.00 : R. Perawatan